Mengoptimalkan Pencarian Suara untuk Situs anda
Pertama kali pencarian suara diperkenalkan pada tahun 2010, pengguna harus benar-benar mengucapkannya pada Google, mereka diminta dengan pesan yang ditulis : "katakan kata kunci pencarian Anda". Setelah pengguna memasukkan kata kunci secara lisan, mereka kemudian akan dikirimi tautan, yang akan mengarahkan mereka ke halaman hasil kata kunci yang relevan.
Sejak itu, Google telah menghabiskan banyak waktu dan uang dalam meningkatkan kemampuan pengenalan suara platform mereka, dan mengintegrasikannya ke dalam produk paling populer mereka.
Daftar Isi :
Mengapa harus dengan Pencarian Suara?
Berkat kenyamanan yang ditawarkannya, pencarian suara akan tetap ada. Penjualan voice commerce telah mengalami pertumbuhan eksponensial, dan tren ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga 52% dari semua pencarian akan didukung oleh suara.
Alasan meningkatnya popularitas pencarian suara cukup jelas, sederhana lebih nyaman. Sebuah survei yang dilakukan oleh KPCB mempersempit alasan pengguna lebih suka menggunakan pencarian suara
Bangkitnya Asisten Digital
Mereka sangat baru, berguna, sedekat mungkin dengan JARVIS, asisten digital adalah awal dari masa depan. Lebih penting lagi, dalam beberapa tahun, jumlah perangkat yang dilengkapi asisten digital akan segera melampaui populasi global.
Jumlahnya mencapai 3,6 miliar pada tahun 2019. Sementara sebagian besar asisten saat ini berada di dalam smartphone, dengan meningkatnya popularitas speaker pintar dan konektivitas teknologi yang lebih baik di mobil, interaksi komputer bertenaga suara akan segera menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.
Akibatnya, ruang lingkup pencarian bertenaga suara akan terus meningkat, dan pengguna awal dapat mulai memetik dengan segera manfaat dari teknologi baru yang mengagumkan ini.
Pembaruan Burung Kolibri Google
Pada tahun 2013, Google meluncurkan pembaruan Hummingbird. Pembaruan ini benar-benar mengubah cara pemasar mengoptimalkan situs web mereka untuk mesin pencari. Fitur yang paling banyak dibicarakan dari pembaruan ini adalah pencarian semantik.
Fitur pencarian semantik berfokus pada pencarian di balik internet, dan bukan hanya kata kunci. Meskipun ini adalah berita bagus bagi pengguna, pemasar tidak dapat lagi mengisi halaman web mereka dengan kata kunci dan mengharapkan peringkat mereka.
Bukan cuma itu, algoritme mulai menempatkan nilai dalam konten berkualitas tinggi yang akan menyelesaikan kueri pengguna secara efisien. Tapi mengapa kita berbicara tentang pencarian semantik di sini? Itu karena teknologi pencarian semantik dan pencarian suara berjalan seiring dalam hal meningkatkan pengalaman pengguna di Google.
Memahami pentingnya di balik maksud kata kunci pencarian yang relevan adalah langkah pertama dalam mengoptimalkan pencarian suara.
Untuk Apa Pencarian Suara Digunakan?
Untuk benar-benar memahami maksud di balik kueri penelusuran, penting untuk terlebih dahulu memahami di mana penelusuran suara menemukan aplikasi dalam kehidupan pengguna anda. Menurut sebuah studi tahun 2014 oleh Google, penggunaan pencarian suara berbeda antara kelompok usia. Inilah yang terungkap dalam penelitian.
Jadi sekarang kita tahu cara kerja pencarian suara dan bagaimana pengguna menggunakan teknologinya. Saatnya berbicara tentang bagaimana pemasar dapat mengoptimalkan situs web mereka untuk memanfaatkan teknologi ini. Mari kita melompat ke dalamnya!
Mengoptimalkan Situs Web Anda Untuk Pencarian Suara
Mengoptimalkan pencarian suara bukanlah tugas yang rumit. Faktanya, Anda tidak akan membutuhkan lebih dari beberapa menit jika anda sudah memiliki strategi SEO. Itu benar, mengoptimalkan pencarian suara hanya memerlukan beberapa penyesuaian proaktif untuk strategi SEO anda saat ini.
* Markup Skema
Semua orang tahu bahwa dalam hal SEO yang baik, konten adalah yang utama. Namun, pemasar hebat tahu mesin pencari melihat banyak faktor lain saat memberi peringkat situs web. Data terstruktur, juga dikenal sebagai markup skema, adalah salah satu faktor tersebut.
Siapa pun yang akrab dengan SEO akan memberi tahu anda semua tentang pentingnya data terstruktur. Hadir dalam kode sumber situs web anda, Markup Skema adalah informasi inti situs web anda yang digunakan oleh perayap mesin telusur untuk mengatur dan mengklasifikasikan konten anda.
Meskipun bagian situs web anda ini mungkin tidak terlihat oleh pengguna, ini penting dari sudut pandang kinerja SERP. Saat pengguna melakukan penelusuran lokal, informasi bisnis paling umum yang mereka cari adalah jam operasional, petunjuk arah, detail kontak, dan alamat.
Perbarui informasi ini di Markup Skema situs web anda untuk memudahkan mesin telusur mengklasifikasikan dan menyajikan data ini kepada pengguna dan calon pelanggan yang relevan. Untuk hasil yang luar biasa, disarankan untuk membuat dan mengirimkan peta situs XML terperinci ke Google. Ini akan membantu lebih meningkatkan visibilitas situs web anda.
* Kata Kunci Pertanyaan dan Halaman FAQ
Karena asisten suara praktis mengetahui segala sesuatu yang diketahui umat manusia, banyak orang menggunakannya untuk mengajukan pertanyaan sederhana, Konten ini jelas ditarik dari sebuah situs web. Saat pengguna mencari informasi spesifik yang relevan dengan produk atau layanan, informasi tersebut akan ditarik kembali dari situs web. Google lebih suka menampilkan (atau berbicara) jawaban yang rata-rata panjangnya 29 kata.
Dalam skenario seperti itu, halaman FAQ bekerja dengan sangat baik. Dengan membuat satu halaman FAQ, anda dapat mengoptimalkan beberapa kata kunci pertanyaan. Bahkan jika anda harus membuat halaman terpisah untuk kueri tertentu, manfaat lalu lintas akan jauh lebih besar daripada upaya yang dilakukan untuk membuat halaman tersebut.
* Google Bisnisku
Penelusuran suara yang dilakukan di seluler tiga kali lebih mungkin dilakukan secara lokal dibandingkan dengan penelusuran berbasis teks. Seperti disebutkan sebelumnya, sebagian besar pencarian lokal adalah pertanyaan tentang informasi bisnis. Karena alasan ini, untuk memastikan visibilitas kepada pengguna dan calon pelanggan yang relevan, penting untuk memperbarui informasi bisnis anda yang benar dari cantuman Google Bisnisku.
Selanjutnya, penting untuk memastikan listing anda sedetail mungkin sehingga prospek anda lebih mudah menemukan bisnis anda secara online. Ini juga merupakan ide bagus untuk tidak berhenti hanya pada daftar bisnis Google saja, tetapi harus memperbarui informasi NAP (nama, alamat, nomor telepon) Anda di semua direktori bisnis yang relevan.
* Optimalkan Untuk Pencarian 'Near Me' dan Pencarian Lokal
60% penelusuran lokal berakhir dengan kunjungan toko dalam waktu 24 jam. mengoptimalkan pencarian lokal sangat penting. Ketika Anda melihat pola penggunaan pencarian suara, menemukan petunjuk arah adalah salah satu dari dua fitur paling umum yang menemukan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari pengguna.
Ini berarti, dengan pencarian suara, prospek akan mencari toko tertentu yang menaungi produk tertentu. Kueri penelusuran dengan istilah “dekat saya” dikombinasikan dengan “beli” atau “dapatkah saya membeli” telah mengalami pertumbuhan volume 400%. Baru-baru ini, “dekat saya”, jika digabungkan dengan “hari ini/malam ini”, mengalami peningkatan volume 800% dalam kueri penelusuran seluler. Mengoptimalkan pencarian lokal akan memastikan bisnis anda terlihat oleh prospek yang tepat, yang sudah mencari bisnis anda.
* Be Mobile-Ready
Karena sebagian besar asisten suara tersedia di perangkat seluler, ini menyiratkan bahwa sebagian besar pencarian suara dilakukan saat pengguna sedang bepergian. Fakta ini menjadikannya penting untuk memiliki situs web yang siap untuk seluler. Jika anda memiliki situs WordPress, kemungkinan besar sudah dioptimalkan untuk seluler. Jika tidak, situs web responsif sepadan dengan semua usaha.
Dalam upaya mereka untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Google menawarkan alat gratis yang dapat anda gunakan untuk memeriksa keramahan seluler situs web anda.
Karena sebagian besar pencarian terjadi saat bepergian juga berarti waktu pemuatan situs web anda harus secepat kilat. Sebagian besar waktu pemuatan situs web jauh di belakang 2 detik. Dan setiap penundaan 1 detik berpotensi menurunkan tingkat konversi sebesar 8%. Hanya dengan meningkatkan kecepatan situs anda, Anda mungkin dapat mengungguli sebagian besar pesaing anda.
Pengoptimalan untuk seluler tidak hanya terbatas pada tampilan situs web anda saja. Konten anda juga harus mobile friendly. Saat pengguna seluler membuka situs web anda, merupakan ide bagus untuk menyapa mereka dengan video yang dapat menjawab pertanyaan paling umum sambil mendorong mereka ke corong konversi anda. Jangan lupa, seperti halnya situs web yang memuat cepat, mereka yang menggunakan konten visual mendapatkan preferensi di SERPs. Google juga baru-baru ini meluncurkan cuplikan fitur video yang mendapatkan preferensi dalam hasil pencarian suara.
* Optimalkan Untuk Cuplikan Unggulan
Cuplikan unggulan adalah fitur SERP Google tingkat lanjut yang memberikan jawaban langsung kepada pengguna atas kueri mereka. Ada beberapa manfaat mendapatkan fitur otoritas yang lebih baik, lebih banyak lalu lintas organik, mengalahkan kompetisi. Namun, satu manfaat yang sangat penting dari pengoptimalan cuplikan unggulan adalah ketika kueri penelusuran dijawab dengan suara, perangkat membacakan cuplikan unggulan ke pengguna.
Faktanya, 45,8% dari semua jawaban pencarian suara berasal dari cuplikan unggulan. Meskipun tidak ada cara pasti untuk mendapatkan fitur, disarankan untuk mengoptimalkan halaman anda untuk hal yang sama. Menggunakan strategi yang disebutkan sebelumnya, seperti menargetkan kata kunci percakapan berekor panjang, kata kunci pertanyaan, dan membuat konten ringkas yang menjawab permintaan pengguna adalah cara yang baik untuk dimulai.
Kesimpulan :
Penelusuran Suara dengan cepat mendapatkan daya tarik, dan hanya pemasar yang mampu beradaptasi yang dapat memetik manfaatnya. Meskipun masa depan Pencarian Suara masih sangat tidak terduga, tampaknya cerah. Pencarian suara bukanlah 'hal besar berikutnya', itu sudah ada di sini dan telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Jadi angkat celana anda dan mulailah memodifikasi strategi SEO anda untuk melompat pada gerobak Pencarian Suara sejak dini.
Post a Comment for "Mengoptimalkan Pencarian Suara untuk Situs anda"